Translate

Rabu, 27 Juni 2018

50 TIPS & TRIK KKL EKSKAVASI PENGGALIAN (Ala Anak Arkeologi UI) Part 1

Hai sobat muda. Gimana kabar kamu hari ini? maaf yang sedalam dalamnya sebelumnya yaa karena udah lama banget gue gak update di blog ini. hehe but now gue sekaang bakal kasih tips dan trik buat kalian mahasiswa Arkeologi dimanapun kalian berada dalam menghadapi KKL/ Penelitian eksavasi di pelosok nusantara. Yuk langsung aja.

baru banget tiba di airport. dan langsung merapat buat foto. masih pada seger yaa mukanya

Buat lo yang kuliah di jurusan arkeologi pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya penggalian atau eksavasi, dimana lo akan gauk garuk tanah sampe ketemu atau bahkan gak ketemu sama sekali dengan yang namanya keramik struktur or something like that lah yaaaa. Persiapan yang matang dari segi materi harus udah lo seiapin guys, dan yang gak kalah pentingnya nih lo kudu wajib bin harus punya weapon yang bakal nyelametin lo dari sengsaranya KKL eksavasi. Dari ibukota yang harus kalian bawa itu banyak banget nanti bakalan gue bikin list nya tenang hehe santai bro.
semacam apel dan ramah tamah sama pejabat daerah setempat juga dosen di hari pertama


Oia sebelumnya gue kasih tips dan trik ke kalian kaya gini adalah karena gue pernah ngerasain gimana sengsaranya ekskavasi alias KKL (begitu anak arkeologi UI menyebutnya). Sektiar tahun 2016 lalu gue ekskavasi di tanah sumatra. Yaa lo pada tau kan sumatera itu adalah bekas ibukota kerajaan apa (yg masih banyak debat dosen kite aje cuy, kite mah iya in aje tunngu hasil) hahahha. Cerita sedikit gue bertolak dari airport di Jakarta ke tanah Jambi rame rame satu angkatan + dosen + crew buat eksavasi disana. nah ekskavasi yang anak anak UI lakuin ini adalah sebagai nilai KKL juga guys. So harus kudu wajib banget ikut, kalo gak ikut ya lo harus ikut di smester depan sampe lo bisa ikut, kalo gak ikut gak akan lulu kuliah (ya namanya juga matkul).

Setiba di Jambi, gue langsung di sambut oleh smelivir angin yang panas, lo tau kan ada angin, tapi hawa nya panas nahhh lo bayangin deh tu rasanya gimana. Hahaha. Pas di airport masih bagus guys, but setelah bis yang jeput kami jalan - + 1 km, suasana kampung alias desa mulai terasa kental. Kanan kiri udah kaya kampung netah berantah dan bener bener asing, sembari diselimuti terik mentari. Hingga akirnya gue ngeliat sungai batanghari yang tersohor itu. Yang benar saja gue pikir sungai Batanghari itu bagus (ala ala sungai besar di thailand gt) besar sih bener sungainya lebar banget, tapi warna nya cokelat secoklat tanah merah. Ini entah gimana abis banjir atau apa yg jelas warnanya coklat buteq dan meluap gt berarus sedikit deras. Tapi yaaa lumayan lah yaaa buat cuci mata ada aer aer dikit walaupun butek bin bau amis dan panas itu.
Sepanjang perjalanan dari airport ke lokasi camp disajikan dengan pemandangan yang berdebu dan gersang, terlebih pas udah nyebrang sungai batanghari, itu seolah jadi pintu gerbang menuju ke peradaban yang jauh mundur kaya jaman jaman sriwijaya. Haha lebay ye. Tapi agak bener sih yg ada Cuma poon dan reruntuhan candi yang bentunya udah ga ada rupa lagi alias kaya pondasi aja. Ada beberapa yg bagus sih macam candi gumpung, gedong songo dll. Disana di tempat terpencil itu gue tinggal selama 13 hari. Bener bener menjadi minggu terberat buat gue. Bukan berat karena apa yah tapi karena disini mau ngapa ngapain itu seba susah yaaa namanya juga di pedalaman. Oiaaaa lupa gue menuju situs arkeologi Muara jambi guys. Pasti udah pada tau yaaaaa.

Ini kegiatan sehari hari gue selama disana dari mulai pagi nya gue bangun jam berapa aja bebas makan dan mandi. Pokokknya jam setengah 7 udah harus apel dan siap buat jalan ke lokasi eksavasi yang di tempuh jalan kaki 30 menit dari camp. Terus sampe sana langsung gali gali di lapangan, makan siang dilapangan, alias depan candi, sampe mentari terbenam baru gue balik di jemput mobil bak terbuka. Sampe camp langsung berebutan mandi karena kamar mandi Cuma ada 16 (kalo gak salah) dan itu ada beberapa yg kotor dan rusak, jadi kita berlomba buat cari yang mana yang nyaman (agak bersih dan berfungsi) boong kalo gue bilang bersih guys! Karena disana gak ada yg bersih sekalipun tempat lo tidur.


jembatan reot fenomenal


Sehabis mandi sore, isoma bebas, jam 7 malem lo udah harus standby di kelas dan duduk perkelompok buat persentasi hasil kerjaan lo setiap harinya, satu orang satu dan ditunjuk acak. Abis itu lo persentasi di komentarin dan tanya jawab sama dosen sampe jam 11 malem. Abis itu jangan sedih, lo harus bikin laporan harian yang harus dikumpulin malem itu juga dan selesai malem itu. Kelompok gue kebetulan menargetkan maksimal jam 1harus udah selesai semua. Jadi abis itu gue bisa tidur di satu kamar rame rame yang isinya semua cowok satu angkatan ngampar udah kaya sate. FYI kipas angin Cuma satu dan gak ada AC. Siap siap panas panasan dan belom lagi kalo kawan lo ngorok udah kaya tereakkin maling. Aduhhh alemong say. Tapisih kayaknya gak akan denger juga karena lo udah kelelahan banget akirnya lo pules dan malah lo yg ngorok. Dan gue adalah orang yg ngorok, dan kata Rio, gue yg ngorok paling gede sekamar. Sorry guys namanya juga kelelahan. Hehehe. Dan pagi nya begitu seterusnya berulang sampe hari ke 12 guys. Alih alih dinner bareng Zumizolla si sang gubernur yang sekarang sedang pake rompi orange. Malah lo gak ngapa ngapain disana L Cuma dengerin anak anak desa setempat yang main gitar ala ala band gt di depan kita kita, yg ada malah nynyir kita nya huhu maaf.

Nindia yang masih berhijab

Itu jadi minggu terberat gue, bener bener lelah capek dan ngebakar kulit banget. Sampe sampe kalo istirahat siang, kami sempet sempetin tidur dan ngadem di masjid. Ya Allah surga banget. Di masjd walaupun biasa aja tapi ada kipas angin dan karpet yg bersih. Huhu. Dibalik itu semua ada makanan yg enak alias beragam menu setiap harinya. Ini satu satunya moodboaster gue dijambi dulu. Oia cerita signal telpon genggam, kayanknya oke buat telkomsel deh. Kebetulan gue waktu itu lagi rusak hp jadi gue ga bawa hp L makanya ga ada snap video atau apalah itu ga ada foto di hp juga huhuhu.  Cuma bawa bb gemini yang bisa buat line dan sms doang sedih. Tapi kalian jangan kawatir, karena kalopun ada signal gue bisa jamin kalian gak bakal ada waktu buat buka dan main hp. Percaya atau engga, kalian akan lebih milih buat membaringkan badan dan memejamkan mata ketimbang mantengin instagram atau twitter disana. karena bener bener cape banget!
Serunya kalian disana juga bakal tau mana temen yang bener bener peduli, mana yang egois, dan mana yang cuek sama kalian. Sifat asli bakal keluar dengan sendirinya. Ada yg bossy, ada yang males, ada yang ambi, dan lain lain bakal keliatan di minggu itu. Dan bahkan angkatan gue cewek, sahabat gue, sebut saja Nindia kesurupan disana sampe 3 hari dan bikin geger kita semua. Horor bat horor guys!
Intan Cahyanita


So buat kalian adik adik anak baru anak bawang yang lagi mau KKL kemanapun kalian pergi tahun ini please be prepare yah. Nahh itu tadi cerita singkat seputar KKL Muara Jambi gue. Berikut gue akan jabarin apa aja yang WAJIB dan GAK USAH kamu bawa jika kamu pergi KKL penggalian di pedalaman.

Bersambung ke part 2..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.